Jenis-Jenis Penyakit Autoimun Yang Menyerang Tubuh Manusia

 Belakangan ini, ketidak sedikitan orang yang didiagnosa oleh dokter menderita penyakit autoimun. Lalu apakah itu penyakit autoimun? Dalam ulasan berikut bakal kita jelaskan dengan cara rinci. Penyakit autoimun adalah penyakit kelainan pada kekebalan tubuh dimana sistem kekebalan tubuh yang seharusnya menjadi benteng dalam menghadapi penyakit justru malah menyerang sel-sel sehat di dalam tubuh. Penyakit ini dapat berakibat dibagian tubuh seseorang. Tercatat ada kurang lebih 80 tipe penyakit autoimun dengan gejala yang nyaris sama.

Jenis-Jenis Penyakit Autoimun Yang Menyerang Tubuh Manusia

Berikut kita bahas penyakit autoimun yang paling tak jarang ditemui.

-Lupus. Systemic lupus erythematosus alias yang bersahabat disebut lupus adalah salah satu penyakit autoimun. Tahap tubuh yang paling tak jarang diserang adalah ginjal, sendi, paru-paru, dan jaringan saraf. Untuk menurunkan manfaat imun, penderita lupus biasanya diberi obat steroid.

-Rheumatoid arthritis. Penyakit yang lebih bersahabat disebut radang sendi ini terbilang penyakit autoimun yang paling tak jarang ditemui. Antibodi yang seharusnya menjaga kekebalan tubuh dari penyakit, justru menyerang pelapis sendi. Akibatnya, sendi mengalami nyeri, peradangan, dan pembengkakan. Apabila tak segera ditangani, penyakit ini dapat menyebabkan kerusakan permanen pada sendi. Untuk mengurangi agresivitas sistem kekebalan tubuh, penderita radang sendi ini diberbagi obat suntik alias obat oral.

-Diabetes tipe 1. Penyakit ini disebabkan sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel di pankreas jadi mengganggu produksi insulin. Umumnya, penyakit ini bakal terdiagnosis sejak anak-anak alias remaja. Orang dengan diabetes tipe 1 bakal mempunyai gangguan dalam mengontrol kadar gula darah. Apabila tak segera diobati, maka bakal memunculkan risiko kerusakan pada tubuh semacam kebutaan, penyakit jantung, gagal ginjal, stroke, dan persoalan yang terkait dengan sirkulasi darah dalam tubuh. Penderita penyakit ini bakal diberbagi suntikan insulin dan harus mengonsumsi diet sehat, pemantauan kadar gula darah, dan olahraga yang teratur.

-Multiple Sclerosis (MS). Ketika sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel saraf sendiri, gejala mengerikan bakal muncul. Diantaranya nyeri, kejang otot, gangguan koordinasi tubuh, sampai kebutaan. Gejala lain yang mungkin terjadi adalah sulit bicara, sulit berlangsung, lumpuh, mati rasa ekstrem, dan tremor.

-Psoriasis. Penyakit ini terjadi ketika sistem kekebalan tubuh terlalu aktif, khususnya sel-T jadi menyebabkan kulit mengalami kondisi kronis. Sel-T di kulit menyebabkan rangsangan pada kulit untuk mereproduksi lebih cepat dari pada biasanya. Psoriasis membikin kulit bersisik dan berwarna keperakan. Dalam menanganinya, dapat memakai terapi cahaya, krim steroid dan obat oral.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inilah Penyebab Konsumsi Makanan Pedas Bisa Bikin Nangis

Teknik Dasar Bola Basket yang Paling Penting

12 Tips Menghilangkan Suara Serak Secara Alami Dengan Cepat