Inilah Penyebab Konsumsi Makanan Pedas Bisa Bikin Nangis

 Sebagian orang yang menyukai makanan pedas mungkin bakal biasa saja ketika mengonsumsinya. Tetapi, bagi mereka yang tidak menyukai makanan pedas, terkadang merasakan sensasi pedas yang berlebihan hingga membikin mulut semacam menguap, hingga hidung dan mata berair. 

Inilah Penyebab Konsumsi Makanan Pedas Bisa Bikin Nangis

Selain meningkatkan citarasa makanan, cabai yang pedas juga bisa membikin tubuh sehat. Rasa pedas dan sensasi terbakar yang dihasilkan cabai dikarenakan oleh konsentrasi bahan aktif  capsaicin yang tinggi. 

Capsaicin adalah bahan kimia nabati yang berasal dari alam. Bahan ini dipakai oleh cabai untuk sistem pertahanan dia supaya tidak dimakan oleh pemangsa semacam hewan. Zat ini juga sudah tidak sedikit dipelajari untuk efek mengurangi rasa sakit, kegunaaan baik untuk kardiovaskular, menurunkan berat badan dan menolong mencegah bisul. 

Tidak hanya itu, capsaicin juga diduga menjadi penyebab konsumsi makanan pedas bisa bikin nangis. Faktor ini dikarenakan sebab capsaicin bisa merangsang sekresi lendir yang menolong menanggulangi hidung tersumbat, sesak paru-paru dan juga pastinya membikin orang seakan-akan menangis sebab matanya berair. 

Menangis seusai alias ketika mengonsumsi makanan pedas juga dikarenakan sebab terjadinya iritasi pada selaput lendir, alias mucous membrane yang ada di mata. Ketika kontak antar membran dengan capsaicin terjadi, maka timbullah sensasi semacam terbakar pada mata, yang kemudian direspon dengan keluarnya cairan mata semacam orang menangis. 

Dengan begitu, maka tidak teran apabila orang yang mengonsumsi makanan yang sangat pedas bakal mengalami mata berair, muka merah padam, dan lendir yang keluar dari hidung. Mesikipun begitu, makanan pedas bisa membikin siapapun ketagihan. 

Tetapi, butuh diperhatikan, jangan hingga kuah alias bumbu yang pedas masuk ke mata. Sebab faktor ini bisa menyebabkan mata sangatlah terasa terbakar sebab iritasi mata ringan dan memunculkan mata perih, berair, dan merah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

12 Tips Menghilangkan Suara Serak Secara Alami Dengan Cepat

Jenis-Jenis Penyakit Autoimun Yang Menyerang Tubuh Manusia